Abstrak Pemikiran Keagamaan Tjhie Tjay Ing


      Pemikiran keagamaan tidak lepas dari fenomena keagamaan yang terjadi dalam suatu masyarakat itu sendiri, sehingga lahirnya pemikiran keagamaan seseoarang tidak lepas dari kondisi sosial keagamaan dimana tokoh itu sendiri lahir dan dibesarkan. Kondisi lingkungan turut memberi andil besar dalam melahirkan gagasan-gagasan yang pada akhirnya diterima oleh banyak orang maupun ditolaknya pemikiran tersebut. Demikian halnya dengan Pemikiran keagamaan Thjie Tjay Ing yang lahir di tengah kondisi sosial keagamaan yang tidak bersahabat dengannya. Pemikiran keagamaan Tjhie Tjay Ing dalam menjaga identitas agama Khonghucu cukup berperan penting terhadap keberlangsungan umat pemeluk agama Khonghucu di Indonesia.

Penelitian ini menjelaskan pemikiran keagamaan Thjie Tjay Ing dan pengaruhnya terhadap dinamika identitas agama Khonghucu di Indonesia dalam kurun waktu 1955-2016. Hal ini berdasarkan kondisi sosial politik yang selalu berubah, turut mempengaruhi dinamika identitas agama Khonghucu. Penelitian ini menggunakan teori model bentuk-bentuk pengalaman keagamaan dari Joachim Wach, adapun untuk melihat pemikiran keagamaannya dilihat dari sejarah pemikiran Kuntowijoyo, sedangkan dinamika identitas agama Khonghucu dilihat melalui teori pencarian identitas Aime Dawis, sedangakan gagasan utamanya dalam memperjuangkan Khonghucu sebagai agama di Indonesia dilihat dari perspektif teori agama Fung Yu-lan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan sosiologis, adapun pengumpulan data seluruhnya dari dokumen yang berkaitan dengan pemikiran keagamaan Tjhie Tjay Ing dan wawancara, Sementara metode analisis data yang digunakan dalam mengkaji pemikiran tokoh menggunakan pendekatan teks dan konteks. Hal ini tidak lepas dari pemikiran dan karya-karya Tjhie Tjay Ing yang lahir, dan keterlibatannya dalam menjaga identitas agama Khonghucu pada masanya tidak lepas dari konteks zamannya. Sedangkan keabsahan data didapatkan dari hasil wawancara dan pembacaan terhadap karya-karya Tjhie Tjay Iing yang kemudian data tersebut diolah dan disusun dalam uraian yang lengkap, kemudian dipilih sesuai dengan tema pokok penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemikiran keagamaan Thjie Tjay Ing dan pengaruhnya terhadap dinamika identitas agama Khonghucu di Indonesia dapat dilihat dari gerakan kultural intelektual yang lahir darinya. Gerakan tersebut diantaranya: penguatan theologi agama Khonghucu, penterjemahan kitab Suci, penguatan identitas institusi agama Khonghucu, mendirikan PAKIN, MATAKIN dan regenerasi rohaniwan melalui pendidikan agama Khonghucu. sehingga gagasan dan tindakannya tersebut dalam studi pemikiran merupakan sumbangan terbesar bagi perkembangan agama Khonghucu di Indonesia.

Kata kunci, agama, Khonghucu, pengaruh, identitas, pemikiran keagamaan

amenesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar